SEM artinya sebuah strategi digital marketing untuk menempati halaman pertama pencarian menggunakan kata kunci tertentu dengan cara berbayar. Di kalangan digital marketer, istilah SEM sudah familiar didengar karena memang metode tersebut terbilang efisien untuk mengiklankan secara online. Jika ingin mengenal SEM lebih lanjut, pada artikel ini akan membahas secara detail SEM artinya apa dan apa saja manfaatnya.
Search Engine Marketing atau biasa disingkat SEM artinya sebuah metode mengiklankan website di mesin pencari. Perlu diketahui, di pencarian ada dua hasil yang akan ditemukan, yakni organik dan iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian disebut dengan SEM.
Hampir semua mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan Bing, kini sudah menggunakan fitur SEM. Namun, yang paling banyak digunakan adalah Google. Alasannya, Google hampir menguasai 90% pangsa pasar dunia sehingga peluang untuk mendapatkan banyak trafik dari iklan sangatlah besar.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SEM artinya sebuah metode mengiklankan website sehingga Anda perlu mengeluarkan biaya untuk beriklan. Untuk mesin pencari Google menggunakan sistem PPC atau Pay Per Click, yang mana Anda diminta untuk membayar jika ada orang yang mengklik iklan yang dipasang.
Manfaat SEM untuk Bisnis
Dari penjelasan di atas tentunya Anda sudah tahu SEM artinya apa. Namun, apakah sudah tahu manfaatnya untuk bisnis? Layaknya metode marketing lainnya, tujuan utama dari SEM adalah mempromosikan bisnis dan meningkatkan omzet. Berikut ini beberapa manfaat lainnya.
Jika menggunakan SEM, goals lebih tertarget karena bisa memasarkan ke target pasar yang lebih relevan dan spesifik. Hal ini akan berdampak pada peningkatan trafik pada website dan keuntungan yang didapat pun akan semakin besar.
Tak hanya mendapatkan pelanggan dari lokasi sekitar, dengan menggunakan SEM, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan secara meluas, bahkan bisa sampai ke seluruh dunia.
Dengan menggunakan SEM sebagai sarana pemasaran, membuat Anda memiliki keleluasaan dalam mengontrol iklan. Mulai dari segi biaya, timeline sampai hasil yang ingin didapatkan. Kontrol ini pun meliputi pemilihan kata kunci, jenis iklan yang ingin ditampilkan, sampai demografi yang diinginkan.
SEM mampu menargetkan pemasaran yang relevan dan sesuai dengan website yang ingin dipromosikan yang berdampak pada peningkatan konversi search marketing. SEM menggunakan iklan berupa link yang saat diklik akan langsung mengarah ke website yang dipromosikan. Tentunya hal ini akan mengeluarkan biaya untuk setiap klik iklan yang didapatkan. Meski demikian, sampai saat ini SEM masih menjadi sarana promosi iklan berbayar yang paling banyak digunakan. Alasannya, karena Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit daripada menggunakan sarana beriklan berbayar lainnya.
Baca juga: Bagaimana Cara Iklan di Google Ads Agar Tepat Sasaran?
Itulah informasi lengkap SEM artinya apa dan apa saja manfaatnya untuk kebutuhan bisnis. Meski terdengar mudah, namun dibutuhkan pengalaman dan skill khusus agar bisa mendapatkan performa iklan yang maksimal.
Jika Anda merasa masih awam dengan SEM, tidak ada salahnya menggunakan bantuan jasa digital agency, seperti
Creata. Sebagai digital agency ternama di Indonesia, Creata telah berpengalaman dalam mengiklankan berbagai produk dan jasa dari beragam bidang bisnis dengan metode SEM. Anggota tim Creata pun memiliki kemampuan dan wawasan khusus terkait SEM sehingga mereka mampu memberikan performa iklan yang maksimal.
Jika ingin mengetahui detail layanan yang diberikan Creata dan kisaran harganya, Anda bisa langsung klik di sini untuk menghubungi tim mereka. Sementara, jika ingin mempelajari digital marketing, SEM, atau cara beriklan di Google secara lebih lanjut, Anda bisa membaca berbagai Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id