Blog Layout

Informasi Seputar SEM, dari SEM Artinya Apa hingga Manfaatnya

Author: Dina Nazhifah
August 20, 2022

SEM artinya sebuah strategi digital marketing untuk menempati halaman pertama pencarian menggunakan kata kunci tertentu dengan cara berbayar. Di kalangan digital marketer, istilah SEM sudah familiar didengar karena memang metode tersebut terbilang efisien untuk mengiklankan secara online. Jika ingin mengenal SEM lebih lanjut, pada artikel ini akan membahas secara detail SEM artinya apa dan apa saja manfaatnya.


sem artinya apa ya


Pengertian SEM


Search Engine Marketing atau biasa disingkat SEM artinya sebuah metode mengiklankan website di mesin pencari. Perlu diketahui, di pencarian ada dua hasil yang akan ditemukan, yakni organik dan iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian disebut dengan SEM.


Hampir semua mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan Bing, kini sudah menggunakan fitur SEM. Namun, yang paling banyak digunakan adalah Google. Alasannya, Google hampir menguasai 90% pangsa pasar dunia sehingga peluang untuk mendapatkan banyak trafik dari iklan sangatlah besar.


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SEM artinya sebuah metode mengiklankan website sehingga Anda perlu mengeluarkan biaya untuk beriklan. Untuk mesin pencari Google menggunakan sistem PPC atau Pay Per Click, yang mana Anda diminta untuk membayar jika ada orang yang mengklik iklan yang dipasang.


Manfaat SEM untuk Bisnis


Dari penjelasan di atas tentunya Anda sudah tahu SEM artinya apa. Namun, apakah sudah tahu manfaatnya untuk bisnis? Layaknya metode marketing lainnya, tujuan utama dari SEM adalah mempromosikan bisnis dan meningkatkan omzet. Berikut ini beberapa manfaat lainnya.


  • Target Lebih Spesifik


Jika menggunakan SEM, goals lebih tertarget karena bisa memasarkan ke target pasar yang lebih relevan dan spesifik. Hal ini akan berdampak pada peningkatan trafik pada website dan keuntungan yang didapat pun akan semakin besar.


  • Jangkau Lebih Banyak Pelanggan


Tak hanya mendapatkan pelanggan dari lokasi sekitar, dengan menggunakan SEM, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan secara meluas, bahkan bisa sampai ke seluruh dunia.


  • Kontrol Menyeluruh


Dengan menggunakan SEM sebagai sarana pemasaran, membuat Anda memiliki keleluasaan dalam mengontrol iklan. Mulai dari segi biaya, timeline sampai hasil yang ingin didapatkan. Kontrol ini pun meliputi pemilihan kata kunci, jenis iklan yang ingin ditampilkan, sampai demografi yang diinginkan.


  • Percakapan dan Konversi Meningkat


SEM mampu menargetkan pemasaran yang relevan dan sesuai dengan website yang ingin dipromosikan yang berdampak pada peningkatan konversi search marketing. SEM menggunakan iklan berupa link yang saat diklik akan langsung mengarah ke website yang dipromosikan. Tentunya hal ini akan mengeluarkan biaya untuk setiap klik iklan yang didapatkan. Meski demikian, sampai saat ini SEM masih menjadi sarana promosi iklan berbayar yang paling banyak digunakan. Alasannya, karena Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit daripada menggunakan sarana beriklan berbayar lainnya.


Baca juga: Bagaimana Cara Iklan di Google Ads Agar Tepat Sasaran?


Itulah informasi lengkap SEM artinya apa dan apa saja manfaatnya untuk kebutuhan bisnis. Meski terdengar mudah, namun dibutuhkan pengalaman dan skill khusus agar bisa mendapatkan performa iklan yang maksimal. 


Jika Anda merasa masih awam dengan SEM, tidak ada salahnya menggunakan bantuan jasa digital agency, seperti
Creata. Sebagai digital agency ternama di Indonesia, Creata telah berpengalaman dalam mengiklankan berbagai produk dan jasa dari beragam bidang bisnis dengan metode SEM. Anggota tim Creata pun memiliki kemampuan dan wawasan khusus terkait SEM sehingga mereka mampu memberikan performa iklan yang maksimal.


Jika ingin mengetahui detail layanan yang diberikan Creata dan kisaran harganya, Anda bisa langsung klik di sini untuk menghubungi tim mereka. Sementara, jika ingin mempelajari digital marketing, SEM, atau cara beriklan di Google secara lebih lanjut, Anda bisa membaca berbagai Cerita Creata.

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: