Blog Layout

Kenali Arti Value Proposition dan Cara Membuatnya

Author : Rossa Putri
January 25, 2023

Value proposition merupakan elemen penting yang perlu diperhatikan bagi pebisnis dalam proses pemasaran jika ingin produk atau jasanya laku. Jika Anda merupakan pebisnis pemula, penting untuk mengetahui arti value proposition karena akan memudahkan untuk menunjukkan kelebihan produk atau jasa kepada konsumen. Sederhananya, arti value proposition adalah suatu hal yang berhubungan dengan konsumen yang memilih produk atau jasa Anda. Untuk yang tertarik membuat strategi bisnis dengan menggunakan value proposition, namun bingung bagaimana cara membuatnya maka simak penjelasan lengkap mengenai arti value proposition  dan cara tepat untuk membuatnya.


arti value proposition


Arti Value Proposition


Value proposition adalah sebuah nilai yang dijanjikan brand untuk bisa diterima konsumen jika ingin membeli produk atau jasanya. Hal ini dinyatakan dengan kalimat mengajak konsumen untuk menggunakan produk atau jasanya. Jadi, Anda sebagai pebisnis perlu meyakinkan calon konsumen agar yakin menggunakan produk atau jasanya.


Value proposition pun merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan penjualan dan customer loyalty. Namun, pembuatan value proposition tidak bisa disamakan dengan tagline karena value proposition dibuat dengan pernyataan lebih singkat terkait manfaat yang didapatkan konsumen jika menggunakan produk atau jasanya. Untuk itu, platform yang tepat untuk menempatkan value proposition adalah halaman beranda atau home website karena saat orang mengunjungi web, halaman yang pertama kali dilihat adalah home web.


Baca juga: Tingkatkan Online Presence, Ini Segudang Keuntungan Bikin Website


Cara Membuat Value Proposition untuk Bisnis


Setelah mengetahui arti value proposition dan penjelasan lengkapnya, bisa disimpulkan bahwa value proposition adalah pesan singkat dengan penjelasan mengapa konsumen perlu menggunakan produk atau jasa Anda. Untuk itu, proses pembuatannya harus dipikirkan matang-matang mengenai pesan yang ingin disampaikan agar konsumen pun bisa tertarik menggunakan.


Dari arti value proposition, bisa diambil tiga elemen dalam pembuatannya, yakni kelebihan produk atau jasa, manfaat yang didapatkan konsumen, serta alasan konsumen perlu memilih produk Anda dan yang membedakan dengan kompetitor. Ketiga elemen ini bisa memudahkan Anda membuat value proposition. Berikut ini cara membuat value proposition.


1. Kenali Visi Misi Perusahaan


Anda harus mengenali visi dan misi perusahaan untuk dapat membuat value proposition yang menguntungkan. Tidak hanya dengan jelas visi dan misinya, namun perlu mengetahui tujuan bisnis yang dibuat pada saat ini hingga ke masa yang akan datang.


2. Riset Konsumen


Sudah diketahui bahwa value proposition merupakan strategi yang efektif untuk mendatangkan banyak calon pembeli dengan membuat mereka percaya pada produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk itu, Anda harus melakukan riset yang mendalam terkait keinginan para konsumen dengan membagikan survey sehingga menemukan kebutuhan dari calon konsumen.


3. Posisikan Diri Sebagai Konsumen


Anda juga perlu memposisikan diri sebagai konsumen untuk menemukan jawaban yang pasti dari kebutuhan mereka. Sebagai konsumen Anda harus memahami apa yang mereka benar-benar diinginkan bila ada yang kurang pada value proposition tersebut. 


4. Analisa Kompetitor


Para kompetitor juga perlu dianalisa agar dapat memahami kelebihan dan kekurangan dari mereka sehingga bisa menjadi patokan untuk membuat produk yang lebih baik dari mereka. Nantinya pun Anda akan menemukan strategi pemasaran yang lebih unik dan menarik dari kompetitor sehingga konsumen akan merasa lebih tertarik pada produk atau jasa Anda.


5. Tunjukkan Manfaat Produk


Arti value proposition adalah mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen maka Anda harus mencantumkan manfaat yang akan didapatkan konsumen jika menggunakan produk tersebut. Tak hanya dari segi produk, tapi juga bisa dari pelayanannya. Sebagai contoh, Anda memberikan kemudahan dalam penukaran barang bila ukuran atau barang tidak sesuai. Pastikan pula Anda membuat value proposition yang dapat meningkatkan keinginan konsumen untuk mencoba produk yang dijual.


Itulah penjelasan lengkap seputar value proposition dan cara membuatnya. Dalam merintis bisnis memang tidak ada yang mudah, di mana segalanya membutuhkan suatu proses yang benar-benar matang untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar pemasaran atau digital marketing di Cerita Creata untuk menunjang marketing bisnis agar makin laris manis.



Baca juga: 5 Jenis Strategi Pemasaran Digital yang Efektif, Bisa Diterapkan ke Bisnis Anda!


Bila masih kesulitan menentukan value proposition bisnis, Anda bisa mengonsultasikan hal ini kepada Creata, digital agency profesional di Jakarta. Sejak tahun 2013, Creata berpengalaman membantu memasarkan berbagai bidang bisnis, terutama di bidang digital marketing. Anda cukup sampaikan seperti apa bisnis, target pasar, dan goals bisnis, nantinya Creata akan siapkan strategi, serta value proposition yang tepat.


Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa platform yang tepat untuk menaruh value proposition ada di home website maka penting bagi Anda untuk memiliki web bisnis. Nah, bagi yang belum memiliki website, Creata pun hadirkan web builder yang memudahkan pembuatan web sendiri lebih praktis dan juga layanan pembuatan website dari tim profesional. Langsung chat Tim Creata untuk sampaikan kebutuhan bisnis Anda, klik di sini untuk terhubung dengan Creata!


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: