Value proposition merupakan elemen penting yang perlu diperhatikan bagi pebisnis dalam proses pemasaran jika ingin produk atau jasanya laku. Jika Anda merupakan pebisnis pemula, penting untuk mengetahui arti value proposition karena akan memudahkan untuk menunjukkan kelebihan produk atau jasa kepada konsumen. Sederhananya, arti value proposition adalah suatu hal yang berhubungan dengan konsumen yang memilih produk atau jasa Anda. Untuk yang tertarik membuat strategi bisnis dengan menggunakan value proposition, namun bingung bagaimana cara membuatnya maka simak penjelasan lengkap mengenai arti value proposition dan cara tepat untuk membuatnya.
Value proposition adalah sebuah nilai yang dijanjikan brand untuk bisa diterima konsumen jika ingin membeli produk atau jasanya. Hal ini dinyatakan dengan kalimat mengajak konsumen untuk menggunakan produk atau jasanya. Jadi, Anda sebagai pebisnis perlu meyakinkan calon konsumen agar yakin menggunakan produk atau jasanya.
Value proposition pun merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan penjualan dan customer loyalty. Namun, pembuatan value proposition tidak bisa disamakan dengan tagline karena value proposition dibuat dengan pernyataan lebih singkat terkait manfaat yang didapatkan konsumen jika menggunakan produk atau jasanya. Untuk itu, platform yang tepat untuk menempatkan value proposition adalah halaman beranda atau home website karena saat orang mengunjungi web, halaman yang pertama kali dilihat adalah home web.
Baca juga: Tingkatkan Online Presence, Ini Segudang Keuntungan Bikin Website
Setelah mengetahui arti value proposition dan penjelasan lengkapnya, bisa disimpulkan bahwa value proposition adalah pesan singkat dengan penjelasan mengapa konsumen perlu menggunakan produk atau jasa Anda. Untuk itu, proses pembuatannya harus dipikirkan matang-matang mengenai pesan yang ingin disampaikan agar konsumen pun bisa tertarik menggunakan.
Dari arti value proposition, bisa diambil tiga elemen dalam pembuatannya, yakni kelebihan produk atau jasa, manfaat yang didapatkan konsumen, serta alasan konsumen perlu memilih produk Anda dan yang membedakan dengan kompetitor. Ketiga elemen ini bisa memudahkan Anda membuat value proposition. Berikut ini cara membuat value proposition.
Anda harus mengenali visi dan misi perusahaan untuk dapat membuat value proposition yang menguntungkan. Tidak hanya dengan jelas visi dan misinya, namun perlu mengetahui tujuan bisnis yang dibuat pada saat ini hingga ke masa yang akan datang.
Sudah diketahui bahwa value proposition merupakan strategi yang efektif untuk mendatangkan banyak calon pembeli dengan membuat mereka percaya pada produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk itu, Anda harus melakukan riset yang mendalam terkait keinginan para konsumen dengan membagikan survey sehingga menemukan kebutuhan dari calon konsumen.
Anda juga perlu memposisikan diri sebagai konsumen untuk menemukan jawaban yang pasti dari kebutuhan mereka. Sebagai konsumen Anda harus memahami apa yang mereka benar-benar diinginkan bila ada yang kurang pada value proposition tersebut.
Para kompetitor juga perlu dianalisa agar dapat memahami kelebihan dan kekurangan dari mereka sehingga bisa menjadi patokan untuk membuat produk yang lebih baik dari mereka. Nantinya pun Anda akan menemukan strategi pemasaran yang lebih unik dan menarik dari kompetitor sehingga konsumen akan merasa lebih tertarik pada produk atau jasa Anda.
Arti value proposition adalah mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen maka Anda harus mencantumkan manfaat yang akan didapatkan konsumen jika menggunakan produk tersebut. Tak hanya dari segi produk, tapi juga bisa dari pelayanannya. Sebagai contoh, Anda memberikan kemudahan dalam penukaran barang bila ukuran atau barang tidak sesuai. Pastikan pula Anda membuat value proposition yang dapat meningkatkan keinginan konsumen untuk mencoba produk yang dijual.
Itulah penjelasan lengkap seputar value proposition dan cara membuatnya. Dalam merintis bisnis memang tidak ada yang mudah, di mana segalanya membutuhkan suatu proses yang benar-benar matang untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar pemasaran atau digital marketing di Cerita Creata untuk menunjang marketing bisnis agar makin laris manis.
Baca juga: 5 Jenis Strategi Pemasaran Digital yang Efektif, Bisa Diterapkan ke Bisnis Anda!
Bila masih kesulitan menentukan value proposition bisnis, Anda bisa mengonsultasikan hal ini kepada Creata, digital agency profesional di Jakarta. Sejak tahun 2013, Creata berpengalaman membantu memasarkan berbagai bidang bisnis, terutama di bidang digital marketing. Anda cukup sampaikan seperti apa bisnis, target pasar, dan goals bisnis, nantinya Creata akan siapkan strategi, serta value proposition yang tepat.
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa platform yang tepat untuk menaruh value proposition ada di home website maka penting bagi Anda untuk memiliki web bisnis. Nah, bagi yang belum memiliki website, Creata pun hadirkan web builder yang memudahkan pembuatan web sendiri lebih praktis dan juga layanan pembuatan website dari tim profesional. Langsung chat Tim Creata untuk sampaikan kebutuhan bisnis Anda, klik
di sini untuk terhubung dengan Creata!
All Rights Reserved | Creata.id