Blog Layout

Cara Membuat Domain Bagus yang Mudah Diingat Orang

Author : Rossa Putri
January 26, 2023

Domain dikaitkan sebagai tempat, rumah, atau lokasi dari suatu website dan hanya pemilik dari web tersebut yang dapat mengelolanya. Secara sederhana, domain adalah alamat dari website sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengunjungi web Anda. Dalam membuat domain tidak boleh sembarangan yang dapat membuat pengunjung merasa kesulitan dalam mengetiknya. 

Kini sudah tersedia banyak domain yang populer, di antaranya ada (.com), (.co.id), .id, .site, .org, dan lainnya. Untuk menentukan nama domain dan ekstensinya Anda tidak bisa sembarangan membuatnya. Nah, bagi yang saat ini sedang mencari nama domain yang bagus, berikut cara membuat domain yang menarik, bagus, dan mudah diingat oleh orang.


cara membuat domain


Nama yang Singkat


Langkah pertama dalam membuat nama domain adalah harus singkat. Anda harus memastikan jika nama yang dibuat harus mudah diingat dan dengan kata yang singat sehingga memungkinkan pengunjung untuk datang kedua kalinya. Pada umumnya, cara membuat domain yang mudah diingat adalah memasukkan kata kunci yang sesuai dengan usaha Anda. Sebagai contoh, Anda menawarkan jasa mencuci pakaian maka bisa memasukan kata “laundry” pada nama domain sehingga akan mudah untuk diingat, seperti “laundrymurah.com”.


Mudah Diketik


Cara membuat domain yang tepat untuk website adalah mudah diketik agar pengunjung tidak ada kesalahan dalam mengetiknya. Usahakan untuk menghindari pengulangan kata, seperti beauuty dan kantoor, di mana jika ada pengulangan huruf di dalamnya akan membuat orang merasa kebingungan dan sulit untuk mengingatnya. Nama domain yang mudah diketik biasanya yang paling diingat oleh para pengunjung.


Memakai Nama Brand


Pada domain terdapat dua elemen, yakni website dan ekstensinya. Nah, Anda bisa memanfaatkan website tersebut untuk memasukan nama brand agar mudah dikenal oleh masyarakat. Contoh nyatanya adalah Facebook.com, di mana brand atau nama perusahaan tersebut, yakni Facebook, disebut sebagai nama web dan (.com) sebagai ekstensinya.


Cara membuat domain dengan memasukan nama brand pada nama website bisa menjadi nilai unik. Dengan cara itu biasanya orang akan langsung mengenali brand Anda meski hanya membaca nama domainnya.


Pakai Ekstensi yang Sesuai


Sering kali orang dalam membuat nama domain tidak memikirkan ekstensi yang sesuai. Untuk itu, cara membuat domain selain dibuat singkat, mudah diingat, dan unik, juga harus mengetahui ekstensinya, seperti (.org), (.net) atau (.id). 


Untuk ekstensi (.org) biasanya digunakan untuk kebutuhan organisasi atau lembaga, (.net) untuk yang berkaitan dengan teknologi atau jaringan, (.co) untuk perusahan, (.me) digunakan untuk keperluan website pribadi atau blog, dan lainnya. Jadi, jangan asal yang dalam memilih ekstensi untuk keperluan website karena memiliki artinya tersendiri.


Baca juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan Tips Memilihnya


Itu dia beberapa cara membuat domain yang tepat dan bisa sesuai dengan website sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung. Sebagai saran, bagi Anda yang tidak mau pusing dan menghabiskan banyak waktu dalam proses pembuatan nama domain, bisa menggunakan bantuan jasa pembuatan website. Biasanya penyedia jasa tersebut bisa memberikan rekomendasi nama domain yang bagus sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan inspirasi nama domain atau informasi lengkap seputar website, bisa Anda temukan di Cerita Creata.


Baca juga: Hal-Hal yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Web dan Kisarannya


Untuk Anda yang mencari jasa pembuatan website, bisa mengandalkan Creata yang sudah ahli di bidangnya. Creata merupakan platform digital yang menawarkan web builder untuk pembuatan website sendiri dan jasa pembuatan website untuk pembuatan web yang lebih profesional. Anda bisa mengonsultasikan masalah domain atau kebutuhan web kepada Tim Creata terlebih dahulu dengan cara klik di sini. Nantinya pun Creata akan memilihkan layanan yang sesuai kebutuhan dan budget Anda.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: