Blog Layout

Makin Menjanjikan, Coba Buat Toko Online Anda Sendiri

Author: Theresia Intan
April 12, 2020

Jika dulu Anda ingin membeli sesuatu harus menemui penjual secara langsung dan membayar tunai. Seiring berkembangnya zaman, metode ini semakin ditinggalkan. Apalagi dengan keberadaan internet, kini berdagang bisa melalui sistem komputer sehingga lebih praktis dan efisien. Hal inilah yang membuat banyak orang kini buat toko online sendiri karena keuntungannya pun bisa berlipat ganda. Anda hanya perlu menyediakan komputer atau alat digital lainnya, koneksi internet, dan sebuah website.


Website pun kini populer digunakan sebagai platform berdagang atau juga kerap disebut e-commerce. Dari segi biaya, jelas toko online jauh lebih hemat biaya karena Anda tidak perlu membeli gedung atau toko untuk lapak berjualan dibandingkan mendirikan toko offline. Hanya dengan duduk di rumah saja, Anda bisa mendapatkan cuan dengan mudah. Tetapi, kini ada banyak sekali website e-commerce di internet sehingga Anda harus pandai menyiasati trik untuk mendapatkan pelanggan dan memperkenalkan produk agar tampak berbeda dari kompetitor. 


Untuk Anda yang memiliki kendala dalam buat toko online maka alangkah baiknya untuk mengandalkan jasa bikin toko online profesional sehingga akan lebih menguntungkan. Berikut ini akan disampaikan sederet cara buat toko online yang optimal dan beberapa keuntungan yang Anda dapatkan apabila memakai jasa bikin toko online.


Tips Buat Toko Online yang Optimal


buat toko online sendiri


Apakah Anda memiliki ketertarikan dalam buat toko online? Jika iya, perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa cara yang benar dan tepat untuk mengembangkan toko online agar lebih banyak dikenal masyarakat. Apalagi saat ini sudah banyak kompetitor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sehingga Anda harus pintar-pintar dalam memasarkan bisnis. 


1. SEO Friendly


Buat toko online yang SEO friendly, maksudnya website toko online Anda mudah dioptimasikan dalam metode SEO sehingga bisa mudah ditemukan di mesin pencari Google yang nantinya pun akan memudahkan pengguna internet menemukan web Anda. Untuk memaksimalkan hal ini, Anda harus rutin mengunggah konten, contohnya artikel dengan metode SEO. Buatlah artikel yang mengandung kata kunci yang sering dicari oleh target pasar Anda dan usahakan agar artikel relevan dengan apa yang Anda tawarkan juga. Dengan trik seperti ini juga perlu didukung artikel yang menarik sehingga para pengunjung semakin betah berlama-lama mengakses website Anda.


2. Tampilan Antar Muka (UI) Website


Buatlah UI/user interface yang interaktif dan sesuai dengan brand Anda. Sebagai contoh, jangan membuat UI bernuansa gelap dan suram padahal Anda buat toko online yang menjual produk baju bayi. Diskusikan dengan jasa pembuat website Anda mengenai konsep dan tampilan website agar tidak salah sasaran. Gunakan jenis dan ukuran tulisan yang mudah dibaca. Ketika Anda buat toko online, posisikanlah diri sebagai pelanggan dan pikirkan kira-kira apa yang ingin Anda lihat dari sebuah website toko online.


3. Konten atau Deskripsi Produk


Sebagaimana yang sudah dibahas di poin sebelumnya, konten yang baik akan berpengaruh baik pula untuk website Anda. Semakin sering dan bagus artikel yang diunggah maka semakin banyak orang mengetahui keberadaan toko online Anda. Buat toko online sesuai fungsinya, di mana Anda meletakkan deskripsi produk dengan jelas dan relevan. Hindari mengunggah sesuatu yang tidak sesuai dengan toko online supaya brand Anda tidak dipertanyakan atau diragukan oleh pelanggan. Gunakan foto produk yang baik, menarik, dan tuliskan keterangan produk sejujur-jujurnya, serta kelebihannya yang bermanfaat bagi pembeli.


4. Domain


Nama domain yang Anda dapatkan secara berbayar dapat digunakan terus-menerus asal Anda juga melakukan perpanjangan. Buatlah alamat domain yang baik dan mudah diingat karena nama domain juga berfungsi sebagai salah satu branding toko online Anda. Ketika buat toko online dan ingin menentukan kata apa saja yang harus dimasukkan dalam domain, Anda bisa mempertimbangkan hal-hal berikut: nama merek, jenis produk, dan target pasarnya. Gunakan paling banyak 3 kata yang paling identik dengan toko Anda agar domain mudah diingat oleh calon pelanggan.


5. Foto Produk yang Berkualitas


Jika ingin buat toko online, pastinya ada hal yang ingin menjual sesuatu di sana. Pelanggan harus mengetahui kondisi dan bentuk barang yang dijual agar mampu menaruh rasa kepercayaan terhadap toko Anda. Untuk itu, pakailah foto produk yang jelas. Jangan sampai fotonya pecah dan blur. Hindari juga asal mengambil dari internet tanpa memperhatikan lisensi foto. Hal ini bisa menyebabkan Anda terjerat kasus copyright dan merugikan bisnis. Ambil foto produk dengan baik dan gunakan jasa foto bila memang perlu. Hal ini akan meningkatkan kesan positif terhadap toko online dan produk yang Anda jual di website.


Baca juga: Daftar Fitur Wajib yang Ada di Website Jualan Online


Keuntungan Pakai Jasa Toko Online Profesional


cara buat toko online


Untuk Anda yang masih awam dalam dunia bisnis online memang disarankan untuk menggunakan jasa toko online profesional. Sebab, saat ini sudah banyak kompetitor yang beredar dan tanpa adanya jasa buat toko online maka Anda akan kesulitan dalam memasarkan produk tersebut. Ditambah lagi, akan membutuhkan waktu tambahan dalam mempelajari beberapa langkah dalam membuat toko online sendiri. Bahkan tidak menutup kemungkinan bila website toko online yang Anda sudah buat akan lemot dan susah digunakan. Oleh karena itu, disarankan untuk Anda menggunakan jasa toko online yang sudah profesional dan berpengalaman. Berikut ini sejumlah keuntungan jika Anda membuat website dari penyedia jasa.


1. Dapat Menjangkau Pelanggan Lebih Luas


Dari yang sudah Anda ketahui, seiring dengan perkembangan zaman sehingga toko online kini sudah tersebar di mana saja sehingga persaingan akan semakin ketat. Akan tetapi tenang saja, dengan adanya jasa buat toko online maka akan membantu Anda dalam menjangkau banyak pelanggan dari berbagai cara, seperti forum, pencarian Google, bahkan media sosial.


2. Menyimpan Data Pelanggan


Apabila Anda berjualan secara online maka penjual akan lebih mudah mendapatkan data diri pelanggan, seperti barang apa yang masuk ke dalam keranjangnya dan barang yang paling sering dicari. Adanya data tersebut maka akan lebih mempermudah Anda untuk meyakinkan pelanggan terhadap brand tersebut dengan mengirimkan pesan.


3. Waktu Fleksibel


Tentu saja ada perbedaan waktu yang akan Anda jalankan antara berjualan online dan berjualan offline, di mana nantinya jasa bikin online profesional ini akan membantu Anda untuk membuat website aktif sepanjang harinya sehingga pelanggan tetap bisa berbelanja meskipun di hari libur atau waktu dini hari sekali pun.


Baca juga: 5 Keuntungan Pakai Jasa Toko Online Profesional untuk Bisnis Anda!


Membuat toko online memang tidaklah mudah, jika ingin mempelajari lebih lanjut seputar toko online, baik dari segi pembuatan, desain, fitur, hingga kontennya, Anda bisa membaca Cerita Creata. Ada banyak pula informasi cara memasarkan produk di era digital yang bisa menambah wawasan.


Jika tidak percaya diri membuat website toko online sendiri, Anda dapat menghubungi penyedia jasa buat toko online. Artikel ini merekomendasikan Anda menggunakan jasa Creata yang sudah ahli dalam pembuatan website yang menarik dan responsif. Creata pun telah berpengalaman membuat toko online untuk berbagai bidang bisnis sehingga Anda tak perlu khawatir dengan hasil kerjanya. Apabila belum memiliki ide mengenai konsep website toko online, Anda bisa mengonsultasikan hal ini kepada Tim Creata dengan cara klik di sini. Nantinya Creata akan membantu Anda mendapatkan website toko online yang profesional, menarik, responsif, memiliki beragam fitur fungsional, dan mendapatkan banyak pengunjung yang berpotensi menjadi pembeli.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: