Blog Layout

Tips Membuat Toko Online Hingga Dapat Tarik Pelanggan

Author: Theresia Intan
April 13, 2020

Perkembangan teknologi memudahkan segala jenis transaksi, khususnya perdagangan. Kini berjualan bisa semakin praktis dan dapat dilakukan oleh semua orang dari rumah masing-masing hanya dengan berbekal gadget dan produk siap kirim. 


Anda sudah membuat toko online milik Anda sendiri dan kini ingin mengembangkan bisnis. Ada banyak toko online serupa di internet maka Anda harus mencari tahu apa keunikan atau keunggulan yang ingin ditawarkan. Setelah membuat toko online, Anda juga harus memahami betul cara mengoptimasi website agar semakin mudah ditemukan pengunjung.


Ketika membuat toko online, teknik yang dapat Anda lakukan untuk menarik pelanggan adalah SEO atau Search Engine Optimization. Metode ini sedang populer karena ikut ditunjang oleh maraknya penggunaan website dan memang mampu menaikkan jumlah pengunjung website. Membuat toko online memang hanya perlu dilakukan satu kali, namun mengoptimasi website dengan teknik SEO harus dilakukan rutin, apalagi jika Anda ingin website selalu muncul di halaman pertama pencarian.


Menarik pelanggan memang tricky maka dari itu ketika membuat toko online, Anda harus memastikan untuk mampu bersaing dengan jutaan website toko online lainnya di internet. Berikut ini sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik pelanggan.


Cara Menarik Pelanggan dengan Membuat Toko Online


tips membuat toko online


Pastinya dalam membuat toko online yang diharapkan adalah mendapatkan banyak pelanggan sehingga keuntungan yang diperoleh juga lebih banyak. Untuk Anda yang masih awam dan baru memulai bisnis online, simak ragam cara menarik banyak pelanggan yang bisa dicoba.


1. Sering Mengunggah Konten


Setelah membuat toko online, Anda harus sering melakukan riset untuk mencari tahu apa yang pasar sukai dan apa yang target pelanggan ingin ketahui. Hal ini penting karena jika ingin mengoptimasi website, Anda harus sering mengunggah konten, seperti artikel. Artikel tak bisa dibuat sembarangan, harus berkualitas dan relevan sehingga pengunjung betah membacanya dan kemudian menelusuri toko online Anda lebih jauh. Pertimbangkan juga bagaimana cara menjual produk Anda melalui kata-kata.


2. Periksa Kembali Kualitas Konten


Kuantitas harus setara dengan kualitas, jangan sampai berat sebelah. Jika artikel yang diunggah banyak tetapi hanya asal-asalan dan tidak memperhatikan kebutuhan pelanggan maka mereka juga tidak akan tertarik membaca atau menelusuri toko online Anda lebih jauh. Secara tidak langsung, akan terbentuk kesan bahwa Anda kurang serius dalam membuat toko online. Jangan sampai terjadi hal seperti ini. Untuk itu, periksa selalu kualitas konten, update artikel-artikel lama Anda, perbarui informasi yang bermanfaat, dan selalu ikuti tren. Dijamin para calon pelanggan akan betah mengakses website toko online Anda.


3. Pasang Link ke Halaman Lain di Website Anda (Internal Link)


Trik ini digunakan agar pengunjung dapat langsung melihat produk Anda tanpa repot-repot mencari sendiri. Tindakan seperti ini juga memberikan keunggulan bagi toko online Anda karena pelanggan akan terus berada dalam website ketika link tersebut di-klik. Contohnya, Anda memasang link di bagian akhir artikel mengenai diskon sebuah produk dan kebetulan salah satu pelanggan Anda yang membaca artikel tersebut memang sedang mencari diskon dan membaca penawaran tersebut maka tentu saja kemungkinan besar pelanggan akan mengakses link tersebut. Di samping itu, pastikan website Anda memiliki kecepatan loading yang baik agar tidak membuat pelanggan kesal karena terlalu lama menunggu untuk berpindah halaman.


4. Website yang Responsif


Tidak semua pelanggan Anda memiliki PC atau suka tersambung ke internet dari PC. Rata-rata, orang lebih banyak menggunakan handphone untuk mengakses informasi karena lebih kecil dan ergonomis. Untuk itu, ketika Anda membuat toko online, diskusikan dengan jasa pembuat website Anda dan pastikan website toko online Anda dibuat responsif ke berbagai device. Ketika pengunjung membuka website melalui handphone dan tulisannya semakin kecil, letak foto produk berantakan, kecepatan loading lama, tentunya hal ini akan sangat merugikan Anda. Untuk itu, bangun kesan profesional dan berkualitas dalam toko online Anda melalui hal-hal kecil seperti ini.


Baca juga: Daftar Fitur Wajib yang Ada di Website Jualan Online


Keuntungan Menggunakan Jasa Toko Online 


keuntungan membuat toko online


Dalam membuat toko online memang terbilang susah-susah gampang, sehingga Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Dibutuhkan beberapa skill atau kemampuan dalam membuat toko online yang profesional agar tidak mempersulit pelanggan ketika menggunakannya. 


Apakah Anda pernah berpikir untuk membuat toko online sendiri? Sebenarnya membuat toko online bisa dilakukan sendiri, namun ada beberapa kekurangan yang akan Anda hadapi. Mulai dari susahnya membuat tampilan web yang profesional, fitur website tidak lengkap, loading web lemot, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, jasa toko online hadir untuk membantu Anda dalam menghadapi permasalahan yang ada. Berikut ini sederet keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan jasa toko online.


1. Modal Lebih Murah


Nantinya penyedia jasa akan memasukkan berbagai fitur fungsional yang umumnya ada di toko offline ke toko online Anda untuk mempermudah transaksi. Hal inilah yang akan meringankan pengeluaran karena akan mengurangi dana untuk membeli etalase fisik atau peralatan toko yang lainnya. Tentu saja hal tersebut dikatakan akan lebih menghemat pengeluaran Anda dalam membeli berbagai macam peralatan toko yang tidak sedikit. Selain dari segi fitur, nantinya penyedia jasa akan mengiklankan website secara digital, seperti pada Google Ads, Youtube Ads, maupun fitur iklan di media sosial lainnya.


2. Mendapatkan Banyak Pelanggan


Kini kemampuan internet sudah tidak perlu ditanyakan lagi, dimana Anda bisa mendapatkan banyak informasi yang dicari secara mudah dan gampang hanya dengan menggunakan internet. Untuk itu, jasa toko online akan membantu Anda dalam menjangkau banyak calon pelanggan dengan mudah menggunakan beberapa sarana, seperti media sosial, pencarian Google, dan forum. Adanya metode SEO juga bisa mempercepat toko online dikenal oleh banyak orang sehingga meningkatkan brand awareness. 


3. Mudah Dikembangkan


Mengembangkan toko offline memang membutuhkan banyak tenaga dan biaya yang perlu diperhatikan. Akan tetapi, bisa sangat mudah jika Anda mengembangkan bisnis online bersama dengan jasa yang sudah profesional dan berpengalaman. Nantinya penyedia jasa akan memasukkan fitur-fitur canggih pada website, membuatkan desain yang menarik, dan menyiapkan ruang penyimpanan yang lebih besar untuk menaruh data web.


Baca juga: 5 Keuntungan Pakai Jasa Toko Online Profesional untuk Bisnis Anda!


Ada banyak keuntungan lain yang akan Anda dapatkan jika menggunakan penyedia jasa dalam membuat toko online. Untuk mengetahui informasi lainnya seputar toko online, baik cara pembuatan hingga cara memilih penyedia jasa yang oke, silakan membaca Cerita Creata.


Pastikan saat membuat toko online, Anda harus sudah mempertimbangkan hal-hal di atas. Untuk itu, disarankan jasa pembuatan toko online yang kompeten, berpengalaman, dan memahami konsep SEO juga. Untungnya, Creata mengerti akan kebutuhan Anda karena Creata menyediakan jasa pembuatan website yang SEO-friendly dan desain yang responsif. 

Buat yang baru dengar, Creata merupakan platform digital yang memiliki layanan Creata Expert Solution yang terdiri dari banyak pilihan layanan yang bisa membantu meningkatkan online presence bisnis, salah satunya adalah membuat website toko online. Creta memiliki tim yang sudah ahli dan berpengalaman dalam menghasilkan website toko online yang berkualitas untuk berbagai bidang bisnis. Hingga saat ini sudah banyak pebisnis yang mengandalkan Creata dalam menghasilkan website yang canggih dan bermanfaat, mungkin Anda bisa menjadi salah satunya. Konsultasikan kebutuhan toko online Anda kepada  Creata dengan cara klik di sini.

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: