Blog Layout

Organic vs Paid Marketing, Strategi Digital Marketing Mana yang Lebih Efektif?

Author : Gladys Arivia
March 19, 2022

Sebagai pemilik bisnis yang ingin memasarkan bisnis Anda melalui digital marketing, mungkin Anda sering bertanya, manakah strategi digital marketing yang lebih efektif, apakah organic atau paid marketing? Hal ini kerap terjadi karena kedua strategi tersebut memiliki pola kerja yang mirip dan memiliki goals yang sama, yaitu meningkatkan sales. 


Sebagai ilustrasi, jika Anda ingin menyiram tanaman maka
organic marketing bisa digambarkan seperti sedang menunggu hujan dan paid marketing seperti sedang menyirami tanaman dengan menggunakan selang air. Tentunya, ada persamaan dan perbedaan untuk kedua strategi digital marketing tersebut, tergantung dari tujuan bisnisnya.


Supaya bisa makin mengenal dua strategi digital marketing tersebut, mari simak penjelasan lebih lanjut tentang apa itu
organic marketing dan paid marketing.


Definisi Organic dan Paid Marketing 


strategi digital marketing memiliki 2 jenis

Organic marketing adalah strategi digital marketing yang menghasilkan traffic pada bisnis Anda dari waktu ke waktu tanpa menggunakan metode berbayar. Caranya dengan menciptakan hubungan dengan konsumen melalui penyediaan konten yang bermanfaat dan menarik bagi mereka. Organic marketing sendiri menggunakan SEO, media sosial, dan media lainnya untuk meningkatkan brand awareness di mata target audiens.


Di sisi lain,
paid marketing menggunakan metode berbayar untuk menargetkan, menjangkau, dan mengonversi target audiens dengan cepat. Paid marketing adalah strategi yang paling efektif untuk meningkatkan sales secara instan. Setiap iklan akan langsung mengarah kepada halaman produk, landing page, atau media apa pun yang bisa menghasilkan hasil finansial.


Perbedaan Organic dan Paid Marketing 


perbedaan strategi digital marketing organic dan paid

Setelah mengetahui arti dari organic marketing dan paid marketing, Anda juga perlu memahami perbedaan di antara keduanya agar bisa memilih mana yang paling cocok untuk mencapai tujuan bisnis.


1. Biaya Pemasaran


Perbedaan yang paling mencolok di antara kedua strategi digital marketing ini tentu dari biaya yang harus Anda keluarkan. Sesuai namanya, organic marketing memanfaatkan fitur-fitur gratis dalam sebuah platform, seperti
posting website, social media repost, unpaid tweet, dan Facebook updates


Namun,
paid marketing mendorong Anda untuk memanfaatkan berbagai tools dan platform ads berbayar. Tentunya, paid marketing mendorong Anda untuk mengeluarkan biaya yang lebih banyak jika dibandingkan dengan organic marketing.

 

2. Media yang Digunakan


Media yang digunakan sebagai tempat beriklan tentunya akan berbeda. Strategi
paid marketing akan membuat Anda mengandalkan berbagai media berbayar, seperti tools search marketing, paid social media ads (SMA), sponsored post, dan Youtube Ads. 


Di lain sisi, organic marketing lebih mengandalkan
word of mouth, di mana media utama yang digunakan ada blog, website resmi, atau sosial media feed. 


3. Tujuan Akhir 


Hal selanjutnya yang paling membedakan kedua strategi digital marketing ini adalah tujuan akhir mereka.
Organic marketing mengutamakan keperluan branding dan awareness atau bisnis yang baru mulai berkembang. Untuk itulah media yang digunakan adalah website dan media sosial. 


Berbeda dengan
organic marketing, paid marketing memiliki tujuan akhir, yaitu untuk keperluan engagement. Strategi ini bisa menarik jumlah audiens yang lebih besar dan cocok untuk mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. 


4. Target Pemasaran


Lalu, yang terakhir adalah target pemasaran, karena hanya disebarkan pada media bisnis Anda sendiri, konten
organic marketing cocok diberikan pada konsumen yang loyal. 


Sedangkan, iklan dengan strategi paid marketing yang dibagikan menggunakan media berbayar cocok untuk menarik konsumen baru. Hal ini dikarenakan paid marketing dapat menjangkau lebih banyak orang daripada
organic marketing.


Gabungkan Organic dan Paid Marketing untuk Hasil yang Maksimal


menggabungkan strategi digital marketing organic dan paid bisa dapatkan hasil maksimal

Sebagai kesimpulan, kedua strategi digital marketing ini saling melengkapi karena mereka bisa digunakan untuk mendapatkan engagement dan konversi dengan cara yang berbeda. 


Sebagai gambaran, jika hanya mengandalkan paid marketing maka bisnis Anda tidak bisa terhubung dan memiliki koneksi dengan konsumen. Ketika mereka hanya melihat iklan tanpa konten yang bisa mengedukasi, informatif, atau menghibur, mereka akan kehilangan minat pada bisnis Anda atau bisa jadi malah beralih untuk memilih pesaing.


Menggabungkan organic dan paid marketing bisa memberi hasil yang lebih efektif, Anda bisa meningkatkan brand awareness sambil membangun relasi personal dengan konsumen. Dengan strategi digital marketing yang terintegrasi maka Anda bisa membawa hasil yang maksimal untuk bisnis. 


Di Creata, kami sudah berpengalaman dalam membantu banyak bisnis dalam membuat strategi digital menarik, dari layanan social media maintenance untuk melakukan posting secara rutin, SEO agar pengguna internet bisa menemukan bisnis Anda, SEM untuk mengiklankan bisnis Anda di mesin pencari, hingga SMA untuk mengiklankan bisnis di media sosial. 


Pastinya, digital agency profesional seperti Creata bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan secara maksimal. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Creata untuk mengetahui layanan yang paling pas agar goals Anda dapat tercapai. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Creata dengan cara klik
di sini!

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: