Blog Layout

Mudah Dicoba, Ini Cara Daftar Facebook Ads melalui Laptop

Author : Rossa Putri
October 14, 2022

Bingung bagaimana mengenalkan bisnis kepada khalayak umum? Tenang saja, kini Anda bisa memanfaatkan media sosial yang ada untuk memasarkan produk agar dikenal oleh banyak orang sehingga mendapatkan banyak pembeli. Anda bisa menggunakan Facebook yang menyediakan fitur ads, di mana fungsinya memang untuk mengiklankan bisnis kepada seluruh penggunnyaa. Cara daftar Facebook ads pun terbilang mudah dan bisa dilakukan sendiri sehingga tak heran banyak pula pebisnis yang mencobanya.


Dengan adanya Facebook ads bisa membantu para pebisnis, baik yang baru maupun yang sudah lama untuk memasarkan produknya dengan biaya yang fleksibel. Semisal Anda menjual produk hijab, di Facebook ads bisa diatur target audiens seperti apa yang diinginkan sehingga nantinya pun iklan yang ditampilkan hanya pada pengguna wanita hijab atau target yang diinginkan. 


Lantas, bagaimana cara daftar Facebook ads? Bagi pebisnis yang ingin mulai mendigitalkan bisnisnya, ikuti berikut ini cara daftar Facebook ads yang mudah melalui laptop.



ini cara daftar facebook ads


Membuat Bisnis Manager


Langkah pertama cara daftar Facebook ads adalah membuat bisnis manager yang akan digunakan untuk mengelola banyak akun iklan dan juga mengelola banyak fanpage. Akun bisnis tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memiliki lebih dari 1 akun iklan sehingga bisa menjadi cadangan bila suatu saat akun iklan di-banned. Berikut ini cara membuat bisnis manager.

  • Buka website business.facebook.com
  • Buat akun dengan nama bisnis Anda dan disarankan menggunakan huruf besar pada setiap kata pertama
  • Klik “Continue” atau “Lanjut” bila sudah memasukkan nama serta email
  • Klik “Finish” atau “Selesai” 


Membuat Fanpage


Cara daftar Facebook ads berikutnya adalah membuat fanpage. Buat yang belum tahu, fanpage merupakan wadah atau tempat untuk menaruh iklan. Caranya, hanya dengan klik “Bisnis Manager” kemudian klik “Pengaturan Bisnis”, setelah itu bisa klik “Halaman”, lalu klik “Tambahkan Halaman Baru”. Jika Anda belum memiliki fanpage sama sekali sebelumnya, bisa klik “Buat Halaman Baru”.


Nantinya akan muncul beberapa kategori yang bisa Anda pilih, namun bila hanya ingin menggunakan kategori yang sederhana, langsung saja pilih kategori “Cause or Community”. Setelah memilih kategori tersebut Anda bisa langsung memberikan nama pada halaman tersebut dan pilih add people untuk menambahkan orang agar bisa mengakses halaman tersebut. Untuk mempermudah nama page untuk dicari, jangan lupa tambahkan link di bagian bawah nama halaman.


Membuat Akun Iklan


Setelah sudah membuat fanpage, cara daftar Facebook ads selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat akun iklan. Berikut cara yang bisa Anda lakukan dalam membuat akun iklan.

  • Klik “Add Account” pada pengaturan bisnis 
  • Masukkan nama akun iklan 
  • Mengisi time zone, currency, dan payment methods yang ada
  • Kemudian, klik “Create Ad Account”
  • Memilih orang yang dapat mengakses akun iklan tersebut atau admin
  • Klik “save changes” dan di-close


Facebook Ads Siap Digunakan


Untuk menjalankan Facebook ads juga terdapat beberapa caranya, yakni Anda akan diminta untuk membuat target market atau campaign. Untuk lebih jelas bisa simak penjelasannya berikut ini.

  • Masuk ke halaman bisnis manajer
  • Klik akun iklan yang sudah dibuat
  • Klik tombol hijau dengan tulisan “Create”
  • Pilih “Complete Campaign”
  • Masukan target iklan
  • Input nama iklan di “Ad Set Name”
  • Kemudian, masukan lokasi, usia, bahasa, jenis kelamin, detail target audiens, placements, budget, dan schedule
  • Klik “Continue”
  • Kembali ke halaman fanpage untuk mem-posting iklan
  • Klik “Confirm” jika dirasa iklan sudah sesuai


Baca juga:
Ikuti Sejumlah Cara Membuat Halaman di Facebook dengan Handphone


Itulah cara daftar Facebook ads yang mudah yang bisa dicoba di laptop. Akan tetapi, kekurangan jika mendaftarkan Facebook ads sendiri adalah memakan banyak waktu dan sedikit menyulitkan. Sebab dalam mempelajari Facebook ads membutuhkan waktu yang tidak singkat. Banyak beberapa hal yang perlu dipahami agar akun iklan di Facebook tampak profesional dan sesuai kebutuhan. 


Apabila Anda tidak mau repot dan butuh cepat untuk memasarkan produk, bisa meminta bantuan ahlinya, yakni ke Creata. Buat yang belum tahu, Creata merupakan digital agency terpercaya dan sudah berpengalaman dalam memasarkan berbagai bidang bisnis, baik produk maupun jasa dengan berbagai platform iklan, termasuk Facebook ads. Harga layanan yang ditawarkan Creata pun termasuk ekonomis di kalangannya dan dijamin tidak ada biaya tambahan sehingga tak perlu khawatir soal biayanya.


Creata pun memiliki anggota tim yang kompeten dan memiliki wawasan seputar Facebook ads sehingga iklan yang dibuat mereka dijamin menarik dan sesuai target pasar, bahkan bisa sampai ke tahap pembelian. Setiap bulannya pun Creata akan memberikan laporan performance iklan sehingga memudahkan Anda menilai hasil kerjanya dan bisa menyiapkan strategi untuk bulan berikutnya.


Jika penasaran dengan Creata dan ingin berkonsultasi, Anda bisa klik di sini agar terhubung dengan mereka langsung. Sementara, bila Anda ingin mempelajari lebih lanjut terkait Facebook ads, silakan membacanya di Cerita Creata.


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: