Berbicara mengenai bisnis kuliner memang tak akan ada habisnya. Sebab, makanan adalah kebutuhan pokok semua orang yang tentunya akan selalu dibutuhkan. Tentunya akan ada banyak kompetitor dalam bisnis kuliner. Lalu, bagaimana cara promosi produk makanan agar laku dan bisa menang dari kompetitor?
Selain memahami target pasar yang spesifik, ada beberapa cara promosi lain yang bisa dijalankan. Untuk lebih lengkapnya, simak berikut ini cara promosi produk makanan yang bisa meningkatkan penjualan.
Website pun tak kalah penting sebagai cara promosi produk makanan di era digital seperti sekarang. Dalam dunia bisnis, kini website diibaratkan sebagai rumah tempat untuk berdagang dan media sosial sebagai stand untuk promosi produk. Untuk itu, Anda harus membuat website sebagai pusat informasi produk makanan yang dijual. Tentunya ini akan mendukung pemasaran produk agar memiliki wadah untuk pembeli mengunjungi etalase bisnis.
Website pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan pembeli karena jika Anda memiliki website bagus maka orang akan menganggap bisnis sudah profesional. Bayangkan saja jika calon pembeli menanyakan website bisnis Anda, namun bisnis Anda tidak memiliki web, tentunya mereka akan berpikir lebih percaya kepada brand yang memiliki web.
Jika tidak memiliki tempat untuk berjualan maka cara promosi produk makanan bisa dilakukan online di media sosial. Cara promosi produk makanan di media sosial terbilang efektif untuk memangkas biaya sewa tempat, seperti booth atau ruko.
Jika makanan yang dijual termasuk kategori yang tidak mudah basi maka bisa menjualnya secara online. Namun, bukan berarti makanan yang cepat basi tidak bisa dipasarkan secara online. Hanya saja, makanan yang cepat basi lebih terbatas dalam distribusinya.
Perlu Anda pahami, media sosial adalah salah satu hal wajib saat ini yang perlu dimiliki pebisnis. Jika ingin produk makanan Anda lebih dikenal maka harus mengikuti perkembangan zaman. Di media sosial lah Anda bisa lebih mudah menjalin interaksi kepada calon pembeli sehingga Anda bisa membuat berbagai jenis promosi atau konten yang menarik mereka.
Baca juga: Social Media Marketing adalah Cara Pemasaran Efektif dan Efisien
Cara promosi produk makanan lainnya yang terbukti efektif adalah bekerjasama dengan influencer, selebgram, selebtiktok, atau orang berpengaruh lainnya, yang mana memiliki pengikut yang cukup banyak dan memiliki tingkat kepercayaan tinggi untuk mencicipi produk Anda.
Sebagai contoh, produk yang dijual adalah kerupuk kulit maka Anda bisa mencari orang berpengaruh yang memiliki banyak pengikut dan sudah terbiasa me-review makanan. Dengan begitu, Anda akan memperoleh testimoni dari mereka secara langsung. Testimoni inilah yang bisa disebarkan untuk membantu produk makanan Anda lebih dikenal.
Cara promosi produk makanan yang menarik akan mendorong calon pembeli untuk membeli produk Anda. Untuk itu, buatlah promosi yang bisa membuat orang penasaran sehingga tertarik mengunjungi akun atau website bisnis Anda.
Adanya promosi berguna untuk mencegah produk yang menumpuk karena jika Anda memiliki produk, namun tak banyak yang tahu, secara langsung orang akan jarang membelinya. Solusinya, bisa memberikan promosi menarik dan membuat orang membelinya, seperti promo untuk yang ulang tahun atau beli 2 gratis 1. Anda bisa menyesuaikan dengan value produk dan mempelajari strategi 4P (price, product, place, dan promotion).
Itulah sejumlah cara promosi produk makanan yang bisa Anda coba agar cepat laku dan omset meningkat. Bila ingin menerapkan poin-poin di atas, namun terkendala waktu dan wawasan, disarankan meminta bantuan ahlinya agar hasil promosi pun tampak profesional dan optimal.
Anda bisa menggunakan jasa Creata. Digital agency terpercaya ini menawarkan banyak layanan untuk kebutuhan mendigitalkan bisnis. Ada pembuatan berbagai jenis website yang bisa di-custom sesuai kebutuhan bisnis, baik dari segi desain maupun fiturnya. Ada pula maintenance website sehingga bila suatu waktu web error bisa langsung teratasi oleh mereka.
Ada pula layanan digital marketing, mulai dari SEO untuk brand awareness, SEM untuk beriklan di Google, hingga social media ads (Facebook, Youtube, Instagram, dan lainnya). Tersedia pula maintenance social media untuk yang ingin akun bisnisnya selalu up to date.
Cara promosi produk makanan yang akan dilakukan Creata pun dibuat se-catchy mungkin sehingga menarik calon pembeli Anda. Silakan konsultasikan terlebih dulu tujuan promosi dan budget yang dimiliki bersama Tim Creata dengan cara klik di sini.
Nah, jika Anda ingin mempelajari seputar digital marketing agar produk semakin laris di era digital seperti sekarang, bisa membaca berbagai Cerita Creata. Ada juga informasi seputar website bisnis untuk menambah wawasan Anda sebelum menggunakan layanan Creata.
All Rights Reserved | Creata.id