Blog Layout

Ragam Cara Promosi Produk Makanan Agar Cepat Laku

Author : Rossa Putri
October 15, 2022

Berbicara mengenai bisnis kuliner memang tak akan ada habisnya. Sebab, makanan adalah kebutuhan pokok semua orang yang tentunya akan selalu dibutuhkan. Tentunya akan ada banyak kompetitor dalam bisnis kuliner. Lalu, bagaimana cara promosi produk makanan agar laku dan bisa menang dari kompetitor? 



Selain memahami target pasar yang spesifik, ada beberapa cara promosi lain yang bisa dijalankan. Untuk lebih lengkapnya, simak berikut ini cara promosi produk makanan yang bisa meningkatkan penjualan.


ragam cara produksi produk makanan


Buat Website Bisnis


Website pun tak kalah penting sebagai cara promosi produk makanan di era digital seperti sekarang. Dalam dunia bisnis, kini website diibaratkan sebagai rumah tempat untuk berdagang dan media sosial sebagai stand untuk promosi produk. Untuk itu, Anda harus membuat website sebagai pusat informasi produk makanan yang dijual. Tentunya ini akan mendukung pemasaran produk agar memiliki wadah untuk pembeli mengunjungi etalase bisnis.


Website pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan pembeli karena jika Anda memiliki website bagus maka orang akan menganggap bisnis sudah profesional. Bayangkan saja jika calon pembeli menanyakan website bisnis Anda, namun bisnis Anda tidak memiliki web, tentunya mereka akan berpikir lebih percaya kepada brand yang memiliki web.


Promosi di Media Sosial


Jika tidak memiliki tempat untuk berjualan maka cara promosi produk makanan bisa dilakukan online di media sosial. Cara promosi produk makanan di media sosial terbilang efektif untuk memangkas biaya sewa tempat, seperti booth atau ruko.


Jika makanan yang dijual termasuk kategori yang tidak mudah basi maka bisa menjualnya secara online. Namun, bukan berarti makanan yang cepat basi tidak bisa dipasarkan secara online. Hanya saja, makanan yang cepat basi lebih terbatas dalam distribusinya.


Perlu Anda pahami, media sosial adalah salah satu hal wajib saat ini yang perlu dimiliki pebisnis. Jika ingin produk makanan Anda lebih dikenal maka harus mengikuti perkembangan zaman. Di media sosial lah Anda bisa lebih mudah menjalin interaksi kepada calon pembeli sehingga Anda bisa membuat berbagai jenis promosi atau konten yang menarik mereka.


Baca juga: Social Media Marketing adalah Cara Pemasaran Efektif dan Efisien


Endorse Menggunakan Influencer


Cara promosi produk makanan lainnya yang terbukti efektif adalah bekerjasama dengan influencer, selebgram, selebtiktok, atau orang berpengaruh lainnya, yang mana memiliki pengikut yang cukup banyak dan memiliki tingkat kepercayaan tinggi untuk mencicipi produk Anda.


Sebagai contoh, produk yang dijual adalah kerupuk kulit maka Anda bisa mencari orang berpengaruh yang memiliki banyak pengikut dan sudah terbiasa me-review makanan. Dengan begitu, Anda akan memperoleh testimoni dari mereka secara langsung. Testimoni inilah yang bisa disebarkan untuk membantu produk makanan Anda lebih dikenal.


Buat Promosi Menarik


Cara promosi produk makanan yang menarik akan mendorong calon pembeli untuk membeli produk Anda. Untuk itu, buatlah promosi yang bisa membuat orang penasaran sehingga tertarik mengunjungi akun atau website bisnis Anda.


Adanya promosi berguna untuk mencegah produk yang menumpuk karena jika Anda memiliki produk, namun tak banyak yang tahu, secara langsung orang akan jarang membelinya. Solusinya, bisa memberikan promosi menarik dan membuat orang membelinya, seperti promo untuk yang ulang tahun atau beli 2 gratis 1. Anda bisa menyesuaikan dengan value produk dan mempelajari strategi 4P (price, product, place, dan promotion).


Itulah sejumlah cara promosi produk makanan yang bisa Anda coba agar cepat laku dan omset meningkat. Bila ingin menerapkan poin-poin di atas, namun terkendala waktu dan wawasan, disarankan meminta bantuan ahlinya agar hasil promosi pun tampak profesional dan optimal. 


Anda bisa menggunakan jasa Creata. Digital agency terpercaya ini menawarkan banyak layanan untuk kebutuhan mendigitalkan bisnis. Ada pembuatan berbagai jenis website yang bisa di-custom sesuai kebutuhan bisnis, baik dari segi desain maupun fiturnya. Ada pula maintenance website sehingga bila suatu waktu web error bisa langsung teratasi oleh mereka.


Ada pula layanan digital marketing, mulai dari SEO untuk brand awareness, SEM untuk beriklan di Google, hingga social media ads (Facebook, Youtube, Instagram, dan lainnya). Tersedia pula maintenance social media untuk yang ingin akun bisnisnya selalu up to date. 


Cara promosi produk makanan yang akan dilakukan Creata pun dibuat se-catchy mungkin sehingga menarik calon pembeli Anda. Silakan konsultasikan terlebih dulu tujuan promosi dan budget yang dimiliki bersama Tim Creata dengan cara klik di sini



Nah, jika Anda ingin mempelajari seputar digital marketing agar produk semakin laris di era digital seperti sekarang, bisa membaca berbagai Cerita Creata. Ada juga informasi seputar website bisnis untuk menambah wawasan Anda sebelum menggunakan layanan Creata.


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: