Blog Layout

Pahami 4 Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Author : Rossa Putri
October 19, 2022

Dalam menjalankan bisnis yang sukses tentu saja tidak luput dari strategi penjualan dan pemasaran yang matang. Namun, sampai saat ini masih banyak pebisnis atau pengusaha yang belum mengetahui perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran, terutama bagi pemula atau yang masih awam. Pentingnya untuk mengetahui perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran agar bisa menemukan strategi yang tepat karena memang dua konsep tersebut adalah satu sama lain yang berbeda. 



Secara sederhana, konsep penjualan merupakan suatu teknik yang digunakan dengan menekankan pada keperluan penjualan sehingga penjual harus dapat menguasai target pasar dengan baik. Sedangkan, konsep pemasaran berfokus kepada kebutuhan para konsumen. Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran, simak penjelasannya berikut ini.


ini perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran


Konsep Penjualan


Pada umumnya, konsep penjualan berfokus pada strategi untuk menjual produk agar cepat laku. Tentu saja dalam melakukan penjualan Anda sebagai pebisnis menginginkan keuntungan yang lebih dan berusaha menemukan strategi untuk menemukan cara agar konsumen ingin melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. 


Bagaimana pun Anda harus menemukan cara penjualan yang tepat dan menarik, seperti melakukan pengiklanan pada website, membuat promo yang menarik, menggunakan copywriting yang unik, dan lainnya. Sebab, konsep penjualan tersebut memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap perkembangan bisnis. 


Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan Paling Ampuh Lewat Website


Konsep Pemasaran


Konsep pemasaran lebih berfokus kepada kebutuhan para konsumennya dengan menciptakan produk yang paling banyak diincar oleh banyak orang sehingga para pembeli merasa puas dengan pelayanan bisnis. Konsep pemasaran ini dianggap sebagai pemasaran jangka panjang karena membuat hubungan baik dengan konsumen sangat diperhatikan. 


Banyak yang mempercayainya bahwa kunci kesuksesan suatu usaha yang efektif dengan menggunakan konsep pemasaran yang baik yang mengedepankan kepuasan para konsumen itu sendiri. Bila Anda yang ingin menggunakan konsep pemasaran harus memperhatikan tiga dasar pokok, yaitu perencanaan pada kebutuhan pelanggan, mencapai tujuan perusahaan dengan memberikan kepuasan maksimal, dan kegiatan pemasaran dilakukan secara rutin.


Baca juga: 5 Trik Pemasaran Digital yang Dijamin Bisa Hasilkan Banyak Keuntungan


Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran


Setelah membaca dua poin di atas, tentunya Anda setuju bahwa memang adanya perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran. Untuk mengetahui perbedaan lainnya, berikut ini beberapa poin yang perlu diketahui.


  • Pada konsep penjualan lebih menekankan konsumen untuk melihat setiap produk atau jasa yang mereka iklankan. Sedangkan, konsep pemasaran lebih mengarahkan produk untuk dapat masuk ke dalam pikiran konsumen.
  • Konsep pemasaran lebih berfokus kepada kepuasan pembeli dan konsep penjualan lebih menjaga bisnis agar tetap berdiri dalam jangka waktu yang lama.
  • Konsep penjualan lebih menekankan produk yang memang sudah ada, namun konsep pemasaran mementingkan kebutuhan para konsumennya.
  • Konsep pemasaran berfokus kepada perencanaan bisnis jangka panjang dan konsep penjualan perencanaan bisnis jangka pendek dengan menentukan posisi yang tepat di market.


Itu dia beberapa perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran. Diharapkan informasi tersebut bisa Anda pahami dengan baik sehingga dapat menghasilkan bisnis yang matang dan bisa berdiri dalam jangka waktu yang lama. Meskipun konsep pemasaran dianggap efektif dalam mensukseskan bisnis, namun tetap membutuhkan beberapa metode lainnya agar usaha lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas.


Di era digital seperti sekarang, penjualan dan pemasaran digital perlu dilakukan agar bisa bersaing dengan para kompetitor. Bagi yang merasa awam dengan dua hal tersebut, namun ingin bisnisnya ikut bersaing, bisa meminta bantuan penyedia jasa profesional, salah satunya yang bisa diandalkan adalah Creata.


Digital agency ternama di Indonesia ini memiliki beberapa layanan yang bisa membantu mendigitalkan bisnis. Mulai dari layanan pembuatan website, pembuatan aplikasi, SEO untuk brand awareness, SEM untuk beriklan di Google, beriklan di beragam media sosial, maintenance media sosial, hingga masih banyak lainnya yang bisa memasarkan dan menjualkan produk Anda kepada target pasar yang potensial. 


Cukup konsultasikan kebutuhan pemasaran dan penjualan Anda dengan cara klik di sini dan nantinya Tim Creata akan membantu memenuhinya. Sementara, jika masih bingung memahami dua konsep tersebut atau ingin mengenal seputar digital marketing, silakan baca berbagai Cerita Creata.


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: