Dalam menjalankan bisnis yang sukses tentu saja tidak luput dari strategi penjualan dan pemasaran yang matang. Namun, sampai saat ini masih banyak pebisnis atau pengusaha yang belum mengetahui perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran, terutama bagi pemula atau yang masih awam. Pentingnya untuk mengetahui perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran agar bisa menemukan strategi yang tepat karena memang dua konsep tersebut adalah satu sama lain yang berbeda.
Secara sederhana, konsep penjualan merupakan suatu teknik yang digunakan dengan menekankan pada keperluan penjualan sehingga penjual harus dapat menguasai target pasar dengan baik. Sedangkan, konsep pemasaran berfokus kepada kebutuhan para konsumen. Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran, simak penjelasannya berikut ini.
Pada umumnya, konsep penjualan berfokus pada strategi untuk menjual produk agar cepat laku. Tentu saja dalam melakukan penjualan Anda sebagai pebisnis menginginkan keuntungan yang lebih dan berusaha menemukan strategi untuk menemukan cara agar konsumen ingin melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
Bagaimana pun Anda harus menemukan cara penjualan yang tepat dan menarik, seperti melakukan pengiklanan pada website, membuat promo yang menarik, menggunakan copywriting yang unik, dan lainnya. Sebab, konsep penjualan tersebut memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap perkembangan bisnis.
Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan Paling Ampuh Lewat Website
Konsep pemasaran lebih berfokus kepada kebutuhan para konsumennya dengan menciptakan produk yang paling banyak diincar oleh banyak orang sehingga para pembeli merasa puas dengan pelayanan bisnis. Konsep pemasaran ini dianggap sebagai pemasaran jangka panjang karena membuat hubungan baik dengan konsumen sangat diperhatikan.
Banyak yang mempercayainya bahwa kunci kesuksesan suatu usaha yang efektif dengan menggunakan konsep pemasaran yang baik yang mengedepankan kepuasan para konsumen itu sendiri. Bila Anda yang ingin menggunakan konsep pemasaran harus memperhatikan tiga dasar pokok, yaitu perencanaan pada kebutuhan pelanggan, mencapai tujuan perusahaan dengan memberikan kepuasan maksimal, dan kegiatan pemasaran dilakukan secara rutin.
Baca juga: 5 Trik Pemasaran Digital yang Dijamin Bisa Hasilkan Banyak Keuntungan
Setelah membaca dua poin di atas, tentunya Anda setuju bahwa memang adanya perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran. Untuk mengetahui perbedaan lainnya, berikut ini beberapa poin yang perlu diketahui.
Itu dia beberapa perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran. Diharapkan informasi tersebut bisa Anda pahami dengan baik sehingga dapat menghasilkan bisnis yang matang dan bisa berdiri dalam jangka waktu yang lama. Meskipun konsep pemasaran dianggap efektif dalam mensukseskan bisnis, namun tetap membutuhkan beberapa metode lainnya agar usaha lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas.
Di era digital seperti sekarang, penjualan dan pemasaran digital perlu dilakukan agar bisa bersaing dengan para kompetitor. Bagi yang merasa awam dengan dua hal tersebut, namun ingin bisnisnya ikut bersaing, bisa meminta bantuan penyedia jasa profesional, salah satunya yang bisa diandalkan adalah Creata.
Digital agency ternama di Indonesia ini memiliki beberapa layanan yang bisa membantu mendigitalkan bisnis. Mulai dari layanan pembuatan website, pembuatan aplikasi, SEO untuk brand awareness, SEM untuk beriklan di Google, beriklan di beragam media sosial, maintenance media sosial, hingga masih banyak lainnya yang bisa memasarkan dan menjualkan produk Anda kepada target pasar yang potensial.
Cukup konsultasikan kebutuhan pemasaran dan penjualan Anda dengan cara klik di sini dan nantinya Tim Creata akan membantu memenuhinya. Sementara, jika masih bingung memahami dua konsep tersebut atau ingin mengenal seputar digital marketing, silakan baca berbagai Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id