Apabila saat ini Anda memiliki suatu usaha dan tertarik untuk mencari strategi pemasaran yang menarik untuk mempromosikan bisnis, viral marketing bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Viral marketing merupakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan trend yang saat ini sedang ramai diperbincangkan masyarakat. Memang terdengar simpel, namun sudah banyak contoh viral marketing secara nyata yang sukses dan mencuri banyak perhatian para pengguna internet.
Strategi viral marketing cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan kesadaran brand di tengah masyarakat terkait bisnis yang saat ini sedang dijalankan. Nah, untuk Anda yang tertarik membuat strategi pemasaran tersebut, simak berikut contoh viral marketing untuk dijadikan sebagai inspirasi beserta beberapa cara menerapkannya.
Contoh viral marketing yang pertama berasal dari iklan Lazada yang sempat ramai di perbincangkan. Lazada dengan sengaja meletakkan tulisan secara terbalik pada billboard sehingga menarik perhatian public untuk melihat iklan tersebut dan menyebarluaskannya pada media sosial. Tentu saja dengan tulisan yang terbalik membuat masyarakat bertanya-tanya dan penasaran alasan Lazada memasang billboard terbalik tersebut. Dari keramaian itulah membuat Lazada buka suara bahwa memang hal tersebut disengaja untuk menarik perhatian masyarakat terkait adanya diskon besar-besaran yang bisa menarik banyak ketertarikan.
Kemudian contoh viral marketing yang kedua berasal dari iklan Gojek di billboard. Pada iklan tersebut pihak Gojek hanya menggunakan banyak tulisan tanpa adanya sentuhan warna dan gambar yang mengisi iklan tersebut. Pastinya masyarakat yang melihatnya penasaran tulisan panjang tersebut dan tertarik untuk membacanya. Ditambah lagi, pihak Gojek memilih lokasi yang tepat, di mana lokasi tersebut sering terjadi kemacetan sehingga masyarakat memiliki banyak waktu untuk membaca tulisannya hingga selesai.
Agar bisa membuat contoh viral marketing di atas, berikut beberapa tips bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan viral marketing.
Cara yang paling cepat untuk mempromosikan bisnis adalah dengan menggunakan bantuan dari influencer yang sebelumnya sudah memiliki banyak pengikut pada media sosial. Pada umumnya para influencer akan memiliki rate promosi yang terbilang tinggi dan dapat menarik perhatian audience secara cepat.
Pastikan Anda sudah menentukan audience yang sesuai dengan bisnis agar konten yang dibuat bisa disesuaikan dan tepat sasaran. Sebagai contoh, jika Anda menargetkan untuk anak-anak muda maka pastikan konten yang dibuat menarik dan menggunakan platform yang sering mereka gunakan, salah satunya adalah Instagram.
Baca juga:
Ragam Cara Promosi Produk Makanan Agar Cepat Laku
Usahakan untuk membuat konten yang benar-benar menarik sehingga para audience bisa tertarik untuk melihatnya. Anda bisa membuat konten yang berhubungan dengan sesuatu yang viral saat ini atau membuat konten yang dapat mengajak para audience bernostalgia terhadap masa kecilnya.
Demikianlah beberapa contoh viral marketing dan cara untuk menerapkannya. Memang viral marketing merupakan strategi cukup efektif untuk sebagian orang, namun tidak menutup kemungkinan tidak akan berhasil untuk Anda. Hal ini dikarenakan viral marketing adalah cara pemasaran yang sulit untuk diprediksi dan bahkan bisa berpotensi mendapatkan citra yang negatif dari masyarakat. Untuk mempelajari seputar marketing lainnya untuk menunjang bisnis Anda, silakah membaca Cerita Creata.
Baca juga: Contoh Content Marketing Menarik untuk Tingkatkan Promosi
Apabila Anda ingin mempromosikan bisnis secara cepat dan terjamin efektif, bisa menggunakan Google ads atau social media ads, seperti Facebook ads atau Instagram ads yang mana ketiga platform ini kerap digunakan masyarakat sehingga beriklan pun bisa efektif. Bagi Anda yang bingung cara beriklan digital, namun tertarik untuk menggunakannya, bisa meminta bantuan dari Creata.
Sebagai penyedia jasa yang telah berpengalaman mengiklankan berbagai bidang bisnis di Google dan media sosial, Anda bisa mengandalkan Creata untuk memasarkan bisnis secara tepat sasaran, efektif, dan pastinya menarik. Anda cukup menyampaikan tujuan dan budget iklan yang dimiliki, nantinya Creata akan menyiapkan strategi tepat, mengeksekusinya sebaik mungkin, dan memberikan laporan bulanan untuk performa iklan agar hasil kerja lebih transparan. Jika ingin berkonsultasi atau bertanya-tanya terlebih dahulu dengan Tim Creata, Anda bisa langsung hubunginya dengan klik di sini.
All Rights Reserved | Creata.id