Blog Layout

Ragam Contoh Viral Marketing dan Cara Menerapkannya

Author : Rossa Putri
February 10, 2023

Apabila saat ini Anda memiliki suatu usaha dan tertarik untuk mencari strategi pemasaran yang menarik untuk mempromosikan bisnis, viral marketing bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Viral marketing merupakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan trend yang saat ini sedang ramai diperbincangkan masyarakat. Memang terdengar simpel, namun sudah banyak contoh viral marketing secara nyata yang sukses dan mencuri banyak perhatian para pengguna internet.

Strategi viral marketing cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan kesadaran brand di tengah masyarakat terkait bisnis yang saat ini sedang dijalankan. Nah, untuk Anda yang tertarik membuat strategi pemasaran tersebut, simak berikut contoh viral marketing untuk dijadikan sebagai inspirasi beserta beberapa cara menerapkannya.


contoh viral marketing


Ragam Contoh Viral Marketing


Contoh viral marketing yang pertama berasal dari iklan Lazada yang sempat ramai di perbincangkan. Lazada dengan sengaja meletakkan tulisan secara terbalik pada billboard sehingga menarik perhatian public untuk melihat iklan tersebut dan menyebarluaskannya pada media sosial. Tentu saja dengan tulisan yang terbalik membuat masyarakat bertanya-tanya dan penasaran alasan Lazada memasang billboard terbalik tersebut. Dari keramaian itulah membuat Lazada buka suara bahwa memang hal tersebut disengaja untuk menarik perhatian masyarakat terkait adanya diskon besar-besaran yang bisa menarik banyak ketertarikan.


Kemudian contoh viral marketing yang kedua berasal dari iklan Gojek di billboard. Pada iklan tersebut pihak Gojek hanya menggunakan banyak tulisan tanpa adanya sentuhan warna dan gambar yang mengisi iklan tersebut. Pastinya masyarakat yang melihatnya penasaran tulisan panjang tersebut dan tertarik untuk membacanya. Ditambah lagi, pihak Gojek memilih lokasi yang tepat, di mana lokasi tersebut sering terjadi kemacetan sehingga masyarakat memiliki banyak waktu untuk membaca tulisannya hingga selesai.


Cara Menerapkan Viral Marketing


Agar bisa membuat contoh viral marketing di atas, berikut beberapa tips bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan viral marketing. 


1. Menarik Perhatian Publik


Cara yang paling cepat untuk mempromosikan bisnis adalah dengan menggunakan bantuan dari influencer yang sebelumnya sudah memiliki banyak pengikut pada media sosial. Pada umumnya para influencer akan memiliki rate promosi yang terbilang tinggi dan dapat menarik perhatian audience secara cepat.


2. Platform dan Audience Sesuai


Pastikan Anda sudah menentukan audience yang sesuai dengan bisnis agar konten yang dibuat bisa disesuaikan dan tepat sasaran. Sebagai contoh, jika Anda menargetkan untuk anak-anak muda maka pastikan konten yang dibuat menarik dan menggunakan platform yang sering mereka gunakan, salah satunya adalah Instagram.


Baca juga:
Ragam Cara Promosi Produk Makanan Agar Cepat Laku


3. Konten Unik dan Menarik


Usahakan untuk membuat konten yang benar-benar menarik sehingga para audience bisa tertarik untuk melihatnya. Anda bisa membuat konten yang berhubungan dengan sesuatu yang viral saat ini atau membuat konten yang dapat mengajak para audience bernostalgia terhadap masa kecilnya.


Demikianlah beberapa contoh viral marketing dan cara untuk menerapkannya. Memang viral marketing merupakan strategi cukup efektif untuk sebagian orang, namun tidak menutup kemungkinan tidak akan berhasil untuk Anda. Hal ini dikarenakan viral marketing adalah cara pemasaran yang sulit untuk diprediksi dan bahkan bisa berpotensi mendapatkan citra yang negatif dari masyarakat. Untuk mempelajari seputar marketing lainnya untuk menunjang bisnis Anda, silakah membaca Cerita Creata


Baca juga: Contoh Content Marketing Menarik untuk Tingkatkan Promosi


Apabila Anda ingin mempromosikan bisnis secara cepat dan terjamin efektif, bisa menggunakan Google ads atau social media ads, seperti Facebook ads atau Instagram ads yang mana ketiga platform ini kerap digunakan masyarakat sehingga beriklan pun bisa efektif. Bagi Anda yang bingung cara beriklan digital, namun tertarik untuk menggunakannya, bisa meminta bantuan dari Creata.


Sebagai penyedia jasa yang telah berpengalaman mengiklankan berbagai bidang bisnis di Google dan media sosial, Anda bisa mengandalkan Creata untuk memasarkan bisnis secara tepat sasaran, efektif, dan pastinya menarik. Anda cukup menyampaikan tujuan dan budget iklan yang dimiliki, nantinya Creata akan menyiapkan strategi tepat, mengeksekusinya sebaik mungkin, dan memberikan laporan bulanan untuk performa iklan agar hasil kerja lebih transparan. Jika ingin berkonsultasi atau bertanya-tanya terlebih dahulu dengan Tim Creata, Anda bisa langsung hubunginya dengan klik di sini.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: