Buat Anda yang masih bingung bagaimana cara menentukan target audience yang tepat dan sesuai dengan bisnis tenang saja, sebab pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap beserta dengan contoh target audience dari beberapa kasus produk yang ada. Menentukan target audience adalah hal yang terbilang penting karena dapat membantu mengatur bisnis ke jalur yang benar dan lebih cepat menarik calon pembeli.
Mungkin masih banyak sebagian orang yang merasa bahwa iklannya gitu-gitu aja dan tidak ada perkembangan, nah mungkin ada beberapa step yang Anda lewatkan, yang mana iklan tersebut memang dibuat untuk menyampaikan informasi kepada khalayak umum agar mendapatkan banyak perhatian. Untuk itu, perlunya memahami target pasar Anda sehingga bisa menciptakan iklan yang lebih kreatif dan menarik untuk dilihat. Lantas, bagaimana cara membuat iklan yang bisa dilirik oleh banyak audience? Tak perlu khawatir, Anda berada pada artikel yang tepat.
Pada artikel ini akan disampaikan beberapa contoh target audience yang diharapkan dapat membantu Anda dalam membuat rencana strategi pemasaran berjalan secara baik dan akan dijadikan sebagai sasaran dari produk yang ditawarkan. Pada umumnya di dalam contoh target audience terdapat beberapa informasi terkait usia, lokasi geografis, jenis kelamin, minat, penghasilan, dan lainnya. Berikut ini beberapa contoh target audience yang bisa Anda jadikan patokannya beserta cara menentukan yang tepat.
Diharapkan contoh target audience yang disampaikan bisa menjadi gambaran Anda dalam menentukan target yang tepat dan sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga iklan yang dipasarkan bisa dilirik oleh banyak orang.
Kali ini akan membahas seputar target audience yang ditentukan oleh salah satu usaha sepatu. Salah satu usaha sepat menargetkan usia target pasarnya di kisaran 10 tahun hingga 30 tahun dengan jenis kelamin pria dan wanita. Minat dari target pasarnya adalah yang menyukai desain simpel atau sederhana. Dari contoh target audience inilah yang memudahkan pengusaha sepatu tersebut dalam membuat produk yang sesuai dengan desain yang cocok untuk usia kisaran dan desain demikian.
Kali ini akan dibahas terkait usaha biro travel dengan contoh target audience yang lebih spesifik. Sebuah biro travel ini menargetkan usahanya pada kalangan usia 25 tahun sampai 50 tahun yang sebagian 65% wanita dan 35% pria. Biro travel ini menargetkannya pada korporasi sehingga tidak jauh-jauh dari staff supplier, staff inventaris, dan staff yang sering bepergian ke luar negeri atau keluar kota untuk melakukan dinas.
Jika setelah membaca contoh target audience di atas dan Anda masih kurang memahaminya, kini akan dibahas mengenai cara menentukan target market yang tepat.
Maksud dari melakukan analisa target market adalah mengetahui kisaran usia, jenis kelamin, dan permasalahan yang sering dialami oleh target Anda. Seperti pada contoh target audience di atas, sebuah usaha sepatu menentukan usia yang mereka inginkan agar bisa membuat desain yang sesuai. Ditambah lagi mereka juga menganalisa di usia 10 hingga 30 tahun menginginkan produk sepatu yang seperti apa.
Anda perlu melakukan riset pasar untuk menentukan kendala atau masalah apa yang sering terjadi pada usaha yang ingin dijalankannya. Untuk usaha sepatu seringkali mengalami permasalahan yang mudah rusak maka Anda bisa mengakalinya dengan memakai bahan yang awet dan berkualitas.
Anda bisa melakukan survey pada pesaing yang sudah sangat laku di kalangan masyarakat sehingga akan menganalisa strategi dari mereka. Analisa bagaimana penjualan mereka hingga bisa sukses dan siapa saja yang melakukan pembelian produk mereka. Contoh target audience bisa diketahui dengan mudah dan tepat karena mereka dapat menganalisa pesaing dengan benar.
Jika iklan Anda tidak dilihat banyak orang, mungkin ada yang salah dalam cara pemasaran tersebut. Untuk itu, perlunya Anda memperhatikan beberapa cara di bawah ini yang akan menyampaikan terkait cara membuat iklan yang bisa sesuai dengan contoh target audience di atas. Pastikan Anda benar-benar mempertimbangkan proses pembuatan di bawah ini agar dapat menarik banyak calon konsumen.
Tentu saja dari berbagai kalangan menyukai penawaran yang menarik seperti adanya promo atau diskon. Semakin baik penawaran yang diberikan untuk audience maka akan semakin tinggi juga tingkat penjualannya, yang mana Anda bisa memberikan potongan harga, gratis biaya pengiriman, dan diskon lainnya yang dirasa sulit untuk ditolak oleh calon pembeli.
Hal utama yang harus Anda lakukan adalah menentukan siapa yang ingin ditargetkan, seperti anak mudah, ibu-ibu, wanita millennial, wanita berhijab, dan lain sebagainya. Jika Anda menargetkan anak muda maka bisa menggunakan media internet yang kekinian, seperti Instagram atau TikTok pada saat memasarkannya.
Dengan adanya arus informasi yang super cepat seperti saat ini, banyak masyarakat yang melihat suatu informasi secara cepat dan kilat. Untuk itu, pastikan Anda membuat headline yang bisa menarik target audience untuk mengunjungi website. Pastikan kata-kata yang Anda gunakan untuk headline menarik, lucu, informatif, dan sesuai dengan target.
Suatu kepercayaan adalah hal yang utama bagi seluruh pebisnis untuk menarik calon pembeli. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menggaet banyak pembeli dengan menampilkannya pada website yang dimiliki. Cara tersebut merupakan terbilang ampuh untuk menyakinkan calon pembeli bahwa produk yang Anda jual benar-benar berkualitas.
Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Iklan yang Menarik dan Cepat Dilirik Audiens?
Itulah sejumlah contoh target audience dan juga cara menentukannya yang sesuai. Semoga informasi yang artikel ini sampaikan bisa benar-benar bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda dalam menggaet banyak calon pembeli. Jika ingin mempelajari seputar pembuatan iklan yang menarik atau ingin mengenal target audience Anda lebih lanjut, silakan membaca berbagai Cerita Creata.
Baca juga: Bingung Gimana Cara Membuat Iklan yang Menarik Banyak Orang? Simak 5 Rahasianya Berikut Ini!
Nah, jika dirasa Anda ingin bisnis dipromosikan secara profesional dan tepat sasaran, artikel ini menyarankan untuk menggunakan bantuan dari ahlinya, seperti digital agency. Sebab, penyedia jasa yang sudah ahli tentunya akan lebih paham mengenai pemasaran bisnis, bahkan di era digital seperti sekarang. Creata siap membantu Anda dalam mengembangkan bisnis, mulai dari menentukan target audience, strategi promosi, media sosial, sampai dengan eksekusi yang akan dijalankan.
Anda bisa mengandalkan hal ini kepada Creata, digital agency berpengalaman dan terpercaya. Mulai dari menentukan target audiens, media sosial sebagai sarana promosi, pembuatan website, strategi promosi, hingga eksekusinya akan dijalankan Creata. Bahkan, mereka akan memberikan laporan setiap bulannya sehingga hasil kerjanya transparan dan bisa menentukan strategi untuk bulan berikutnya. Jika ingin berkonsultasi seputar layanan digital marketing yang dimiliki Creata, silakan klik di sini untuk terhubung dengan Tim Creata.
All Rights Reserved | Creata.id